Hobi Nulis, 6 Website Ini Membayar Setiap Artikel yang Tayang

Diposting pada

Hobi Nulis, 6 Website Ini Membayar Setiap Artikel yang Tayang-Menulis artikel hanya untuk disimpan di laptop? rugi dong jika kamu tidak membagikan tulisanmu itu kepada orang lain.

Saat ini banyak sekali website yang menampung tulisan baik dalam bentuk artikel, puisi, cerpen, opini, esai.

Saya sendiri pernah mengirim beberapa artikel ke website-website yang mau membayar setiap tulisan kita dengan honor yang lumayan lah. Hitung-hitungan untuk berbagi tulisan daripada saya biarkan nganggur di komputer.

Berikut beberapa situs yang membayar tulisan kamu dengan honorarium yang lumayan.

6 Website yang Membayar untuk Setiap Artikel yang Tayang

1. Mojok.co untuk tulisan ringan

Website dengan tagline “Suara orang biasa ini” menjadi salah satu media yang menayangkan tulisan dari para penulis selain redaksinya sendiri.

Honor yang Mojok berikan untuk setiap tulisan lumayan berkisar antara Rp225 ribu-Rp525 ribu dan belum dipotong pajak. Bayaran ini sesuai dengan jenis tulisan yang kamu kirimkan.

Redaksi mojok.co sendiri menerima tulisan dalam bentuk Esai, Konter, Otomojok, dan Malam Jumat ataupun uneg-uneg (ini merupakan rubrik di mojok.co).

Tulisan dapat kamu kirimkan ke email redaksi@mojok.co. Untuk informasi lebih lengkap silahkan klik tautan ini .

Terminal Mojok

Selain itu, mojok juga telah membangun rubrik Terminal Mojok yang merupakan platform User Generated Content (UGC). Di sini kamu dapat mengirim artikel tentang unek-unek, kegelisahan, atau curhatan yang bisa ditulis seputar asmara, lifestyle, kampus, musik, fashion, dan dunia anak muda lainnya.

Di Terminal Mojok, setiap tulisanmu yang tayang akan mendapat 1 poin, dan ketika kamu sudah mendapatkan 10 poin maka kamu berhak mendapatkan honor sebesar Rp.250.000 belum dipotong pajak. Dalam sebulan kamu dapat mengklaim honor sebesar Rp.500.000 atau setara dengan 20 tulisan. Selengkapnya klik di sini 

2. Buruan.co untuk puisi dan cerpen

Buruan.co juga menjadi salah satu website yang akan menampung tulisan kamu yang berbentuk puisi atau cerpen. Tapi pastinya tulisan itu sudah melewati penilaian oleh para editor. Seandainya tulisan kamu tayang, maka akan diberikan honorarium sebesar Rp.200.000 untuk setiap tulisan dan akan dikirim paling lambat 2 minggu setelah karyamu tayang. Tertarik?

Biasanya karya-karya penulis akan tayang pada tanggal 10,20,30 setiap bulannya.

Untuk rubrik puisi kirimkan 7-10 karya. Sedangkan, untuk cerpen harus memiliki 3500-5000 karakter tanpa spasi.

Untuk ketentuan lebih lanjut klik di sini 

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis Cerpen

3. Basa-basi.co

Situs yang satu ini juga menerima tulisan dalam bentuk cerpen, puisi, dan tulisan ringan. Untuk setiap tulisan yang tayang juga mendapatkan honorarium berkisar antara 100.000-350.000 tergantung dengan jenis tulisan yang kamu kirimkan.

Untuk tulisan ringan akan mendapatkan fee sebesar 100.000, Cerpen Rp.300.000, dan puisi Rp.250,000. Tertarik tidak?

Menurut saya itu bayaran yang besar. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menulis dan mengirim artikelmu di situs tersebut.

Info lebih lanjut klik di sini 

4. Sediksi.com untuk opini

Sediksi juga salah satu website yang menerima kiriman opini dari pembaca. Redaksi sendiri menyediakan kolom kontribusi. Di websitenya pihak sediksi menyebutkan bahwa setiap tulisan yang tayang mendapatkan honorarium. Untuk jumlah fresh money  silahkan baca selengkapnya di sini 

5. Islami.co

Di sini kamu dapat mengirim tulisan tentang tema keislaman. Pihak redaksi mensyaratkan tulisan dengan jumlah 700 hingga 1000 kata per artikel. Terkait honorarium klik di sini

6. IDN Times

IDN Times merupakan media besar yang menyediakan kolom community. Di kolom ini kamu bisa mendaftarkan diri menjadi penulis. Nantinya tulisan kamu yang tayang akan dibayar sesuai dengan koin yang berhasil kamu kumpulkan.

Selengkapnya klik di sini ya

Kesimpulan

Silahkan coba bagi yang berminat. Daripada tulisanmu nganggur, lebih baik kamu berkontribusi di berbagai media yang mau menerima setiap tulisanmu.

Baca artikel menarik lainnya dari Opiori di Google News

Jangan lupa klik tombol bintang di pojok kanan atas untuk mengikuti Opiori.

22 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *