7 Tips Berteman di Dunia Maya

Diposting pada

7 Tips Berteman di Dunia Maya-Perkembangan digital membuat pertemanan dapat dilakukan secara lebih luas. Tanpa mengenal batas wilayah dan daerah pengguna media sosial bisa saling berkenalan lewat media sosial.

Tapi, berkenalan lewat media sosial tentu harus lebih hati-hati karena kita tidak dapat langsung menilai karakter orang yang akan kita ajak berteman. Apalagi banyak sekali akun fake yang bertebaran dan mengatas namankan orang lain hanya untuk mencari kepopuleran dan jumlah followers yang banyak. Hal ini tentu harus sangat diwaspadai.

Banyak hal yang bisa dilakukan agar pertemanan di media sosial menjadi lebih aman dan tentunya kita tidak terjebak dengan orang yang salah. Pada kesempatan  kali ini opiori.com akan membahas beberapa tips berteman di dunia maya yang bisa kamu lakukan.

Tips Berteman di Dunia Maya

Bangun Hubungan yang Baik

DI media sosial tentu kamu dapat membangun hubungan yang baik dengan teman barumu. Salah satunya dengan cara berkomentar dengan bahasa baik dan tidak menyinggung. Support teman barumu dengan berbagai ide yang menarik dan juga hindari untuk menjudge dan apalagi memberikan penilaian negatif untuk orang yang baru kamu kenal.

Jika kamu aktif berkomentar di berbagai postingan, maka pastikan komentarmu tersebut jangan sampai menghina, berisi ujaran kebencian dan juga jangan sampai berkomentar dengan bahasa yang menyudutkan. Hal ini harus diperhatikan dalam berteman di media sosial.

Jangan Toxic dan Hindari Teman Toxic

Kamu tidak boleh menjadi teman yang toxic alias mengganggu. Jangan bertanya hal yang mendalam apalagi mengenai privasinya. Jika itu kamu lakukan maka teman tersebut akan merasa tidak nyaman.

Begitu juga sebaliknya, jika teman tersebut toxic dan menggangu kenyamananmu, maka kamu bisa langsung putuskan untuk tidak melanjutkan pertemanan.

Jangan Ajukan Pertanyaan Sensitif

Pertanyaan sensitif seperti “kapan nikah?” atau berapa gajimu? tentu akan membuat orang merasa tidak nyaman. Sebaiknya jika kamu belum mengenalnya dengan baik, jangan pernah menanyakan pertanyaan yang sensitif tersebut.

Jangan Langsung Terbuka Mengenai Apapun

Nah, kamu juga tidak seharusnya terbuka mengenai apapun kepada teman yang baru kamu kenal di media sosial. Kamu belum tahu bagaimana karakter dari orang tersebut dengan sebaiknya. Jadi, ya hindari untuk terlalu terbuka mengenai hal apapun.

Kemudian jangan pernah sampaikan informasi pribadi yang bersifat privat. Hindari menyampaikan informasi yang seharusnya kamu jaga dengan baik.

Jika Serius Ingin Berteman, Cari Informasi

Jika kamu ingin menjadikannya teman baik di luar dunia maya tentu kamu dapat menggali informasi mengenai temanmu tersebut. Baik dengan cara bertanya kepadanya atau bahkan kamu dapat mendapatkan informasi tentang temanmu tersebut dari teman-temannya yang lain.

Saat ini tentu banyak orang yang membuat akun fake atau mengatasnamakan orang lain. Namun, jika kamu telah mengikuti akun tersebut dalam waktu yang lama tentu kamu akan dapat membedakan apakah akun tersebut real atau fake. Salah satunya dengan membaca riwayat komentar dan postingannya. Akun real biasanya akan dikomentari oleh teman-teman dari pemilik akun itu sendiri.

Baca Juga: 8 Tips Tambah Followers Instagram yang Bisa Kamu Coba

Cari yang Se Frekuensi

Agar pertemanan di media sosial menjadi lebih aman dan nyaman, tentu kamu dapat mencari teman yang se frekuensi denganmu, baik itu menyangkut dengan hobi atau mengenai kebiasaan. Biasanya orang yang aktif di media sosial akan lebih sering membuat postingan mengenai hobinya atau kebiasaan yang ia sukai. Jika kamu bertemu dengan teman yang seperti ini tentu pembahasanmu akan  lebih nyambung dan cepat beradaptasi.

Tetap Berhati-hati

Tentu kamu belum seutuhnya kenal dengan teman yang baru kamu kenal di media sosial. Alangkah baiknya jika tetap berhati-hati. Seperti yang sudah kami sampaikan tadi, jangan pernah ungkap hal yang privasi dan juga jangan terlalu terbuka mengenai hal apapun. Komunikasilah yang pembahasannya umum saja atau yang menurutmu bukan hal yang sifatnya privat.

Dan yang terpenting, jangan langsung percaya dengan orang yang baru kenal di media sosial. Galilah informasi yang lebih dalam mengenai orang tersebut. Kamu bisa mengecek riwayat pertemanannya dan jika kamu melihat dia berteman dengan orang lain yang kamu kenal tentu kamu bisa bertanya kepada temanmu mengenai orang tersebut.

 

Baca artikel menarik lainnya dari Opiori di Google News

Jangan lupa klik tombol bintang di pojok kanan atas untuk mengikuti Opiori.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *