7 Tips Agar Tulisanmu Tayang di Situs Berbayar
7 Tips Agar Tulisanmu Tayang di Situs Berbayar

7 Tips Agar Tulisanmu Tayang di Situs Berbayar

Diposting pada

7 Tips Agar Tulisanmu Tayang di Situs Berbayar-Menulis tentu sangat menyenangkan, apalagi-apalagi ketika tulisan kita tembus di salah satu media. Tentu itu sangat membahagiakan, selain dapat berbagi cerita dengan orang banyak, tulisan yang tayang di media tentunya memberikan kesan yang berharga.

Bagaimana tidak, dari banyak tulisan yang kita kirimkan, tulisan kita bisa tayang setelah melewati proses verifikasi oleh tim redaksi. Tentu tidak mudah untuk bersaing dengan banyak orang yang  tidak kita kenal dan tidak tahu kualitas tulisannya.

Sebab itu, untuk memenangkan persaingan itu tentu kita harus punya trik-trik tertentu agar tulisan kita tayang di media atau situs tertentu yang memberikan peluang bagi penulis yang ingin mengirimkan tulisannya.

Saya sendiri sering mengirim tulisan ke salah satu situs yang membayar setiap tulisan yang tayang. Beberapa tulisan saya berhasil tayang dan beberapa tidak tayang. Saya sadar beberapa tulisan tersebut mungkin tidak memiliki kualitas dan kalah saing dengan penulis lainnya.

Tentunya belajar dari pengalaman tersebut, saya punya beberapa kesimpulan agar tulisan kita tayang di salah satu situs berbayar.

7 Tips Tulisan Tayang di Situs Berbayar

Tema dan Ide-ide Tulisan Harus Menarik

Nah ini menjadi begitu penting. Tema tulisan kita tentunya harus menarik dan memiliki informasi dan ide-ide yang menurut sebagian orang belum terpikirkan. Menuntukan tema ini tentu memiliki pemikiran yang mendalam, pikirkan tema yang menarik dan bisa kamu ulas.

Terkadang, di saat ada isu tertentu yang sedang hangat dan kita menulis opini tentang itu, jika penyajiannya menarik, maka besar kemungkinan tulisan tersebut tayang.

Kuasai Topik tersebut dengan baik

Bagaimana jika kamu menulis tapi tidak paham dengan baik tentang persoalan yang kamu angkat. Tentu tulisanmu hanya akan menjadi biasa-biasa saja karena kamu tidak menguasai tema tersebut dengan baik. Nah, jika pengetahuanmu tentang tema tertentu hanya biasa-biasa saja dan penyajiannya sangat umum dan tidak ada nilai lebih, maka tulisan tersebut sangat susah tayang.

Ketika kamu memahami sesuatu dengan baik, maka kamu dapat menuangkan berbagai gagasanmu dengan lugas dan mudah dipahami, sehingga pembaca akan mendapatkan wawasan baru tentang tema yang kamu ulas.

Baca juga; Hobi Nulis, 6 Website Ini Membayar Setiap Artikel yang Tayang

Data harus akurat

Keakuratan data tentu sangat menentukan tayang atau tidaknya tulisanmu. Jika kamu hanya menulis bukan berdasarkan data sedangkan  artikel yang kamu tulis, sifatnya membutuhkan keakuratan data, maka hal tersebut harus kamu penuhi.

Bagaimana mungkin kamu mengarang data-data tersebut berdasarkan idemu sendiri bukan sesuai dengan kenyataan dan fakta. Penulisan-penulisan seperti ini tentunya harus segera diperbaiki dengan cara mencari data yang akurat. Beda halnya jika kamu menulis tulisan fiksi, tentu ini merupakan hasil imajinasimu sendiri.

Gaya Penulisan

Tentu kamu harus memahami gaya penulisan situs atau media yang ingin kamu kirimkan tulisan. Jika situs tersebut warnanya lebih kekinian dan tema yang sering dibahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan Gen-Z tentu kamu juga harus terbiasa menulis tentang tema-tema yang erat kaitannya dengan generasi milenial.

Dan juga penggunaan kosakata mungkin sering digunakan di situs tersebut sifatnya banyak kepada penggunaan kata-kata yang viral di kalangan anak muda ya tentu kamu juga harus paham tentang itu.

Jangan memaksakan untuk menulis tentang tema yang tidak relevan dengan situs tersebut. Terlebih dulu lebih baiknya kamu membaca dulu setiap tulisan penulis lainnya agar kamu lebih memahami bagaimana gaya penulisan situs atau media tersebut.

Baca Ketentuan dan syarat

Setiap situs atau media tentunya memiliki syarat masing-masing agar tulisan kamu dapat tayang di situs mereka. Kamu harus terlebih dahulu membaca persyaratan apa saja yang berlaku di media tersebut. Ketika kamu sudah tahu apa saja syarat-syaratnya, maka kamu akan lebih mudah untuk menulis sesuatu yang tidak menyalahi ketentuan yang mereka persyaratkan. Ikuti setiap ketentuan tersebut agar tulisanmu berpeluang untuk tayang.

Pastikan tulisanmu adalah milikmu bukan plagiat

Tentu ini sangat penting. Bagaimana mungkin tulisan hasil ciplakan atau copy paste milik orang lain tayang di media tertentu. Jadi pastikan setiap tulisanmu adalah karyamu sendiri dan bukan hasil copas milik orang lain. Jika memang di dalam tulisan tersebut ada kutipan dari tokoh atau penelitian tertentu, maka kamu sebutkan saja. Misalnya “Menurut tokoh A, setiap persoalan sosial harus dicarikan solusi”

Ejaan Harus Benar

Proses penyusunan kalimat harus benar. Ini merupakan keterampilan awal yang harus kamu miliki. Tentu jika penulisannya banyak salah atau salahnya terlalu banyak dengan ejaan yang amburadul, maka ini harus segera kamu perbaiki. Perbanyak membaca  dan belajarlah menulis dengan benar.

Kesimpulan

Sebelum mengirim tulisan di media atau situs online tentu kamu harus memahami dengan benar setiap poin yang kami sebutkan sebelumnya. Jika kamu memahami dengan benar apa yang telah kami sebutkan, kemungkinan tulisanmu untuk tayang di situs yang kamu kirimkan lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *