Ilustrasi untuk artikel 8 Tips Menulis Press Release untuk Media Foto brotiN biswaS/Pexels.com
Ilustrasi untuk artikel 8 Tips Menulis Press Release untuk Media Foto brotiN biswaS/Pexels.com

8 Tips Menulis Press Release untuk Media

Diposting pada

8 Tips Menulis Press Release untuk Media– Menulis press release (pers rilis) merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh Humas atau public relation di sebuah lembaga, organisasi, perusahaan dan lainnya. Kehadiran press release untuk memberitakan atau publikasi berbagai program, kegiatan ata informasi.

Dengan membuat press realease, nantinya berita tersebut kemungkinan akan tayang di media massa dan akan menjadi konsumsi publik. Sebab itu, sebelum menulis press release pastikan dulu keakuratan data di dalam press release yang kamu tulis.

Saya sendiri sering menulis press release untuk pemberitaan tentang lembaga di media massa.  Berdasarkan pengalaman, menulis press release tentu membutuhkan pengalaman, terutama harus paham tentang dunia jurnalistik.

Ada beberapa tips mengenai penulisan press release yang akan saya utarakan di bawah ini. Semoga artikel ini bisa menjadi pedoman bagi kamu yang sedang mencari tips menulis press release.

8 Tips Menulis Press Release untuk Media

 

Gunakan Pedoman Penulisan Jurnalistik

Karena merupakan dari karya jurnalistik, maka kamu harus memperhatikan kaidah jurnalistik dalam menulis pers rilis. Kenapa harus memahami kaidah jurnalistik? Ya karena press realease tersebut nantinya akan ditayangkan di media massa baik online maupun cetak.  Jadi kamu harus memperhatikan bahwa pers rilis tersebut sifatnya aktual dan faktual.

Sebab itu, dalam menulis pers rilis kamu harus paham mengenai rumus 5W+1H, piramida terbalik, penulisan nama narasumber, penulisan kalimat kutipan, data yang dihasilkan dari wawancara, penggunaan kata ganti dalam berita dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin merilis tentang program perusahaan atau kantor tentu yang kamu paparkan adalah data yang lengkap terkait dengan isi dari pers rilis yang kamu kirimkan. Jangan sampai menimbulkan keraguan dan kerancuan dalam penulisannya. Misalnya, kamu menulis pers rilis tentang kegiatan organisasi, ya jelaskan dengan detail dari kegiatan tersebut, sehingga pihak redaksi akan memahami isi dari berita yang kamu kirimkan.

 Memiliki News Value dan Angle Menarik

Ini juga harus menjadi perhatian bagi kamu yang suka menulis pers rilis. Berita yang kamu kirimkan harus memiliki nilai berita (news value). Setidaknya pers rilis tersebut berisikan berita yang informasinya dibutuhkan oleh para pembaca.

Ambillah angle berita yang menarik untuk dibaca dan layak dikonsumsi publik. Sebabnya, kamu harus pintar-pintar dalam melihat angle yang menarik untuk diberitakan. Misalnya, kamu mewawancarai atasanmu, tentu dalam setiap wawancaranya ada pesan yang menarik untuk disampaikan dalam pers rilis, karenanya fokus pada angle tersebut.

Judul Harus Menarik

Kemudian, kamu juga harus memperhatikan judul dari pers rilis. Judul yang menarik dan unik sangat berarti bagi sebuah tulisan termasuk press release. Sebabnya, kamu harus pintar dalam memilih judul di press release yang akan kamu kirimkan.

Baca Lagi dan edit sebelum Kirim

Ini merupakan tahapan yang paling penting. Sebelum mengirim press release setidaknya kamu harus membacanya kembali dulu sebelum kamu kirimkan. Cek data yang kamu paparkan di dalam berita tersebut, cek juga keakuratan kalimat kutipan dari narasumber yang kamu cantumkan. Jika sudah dicek dan kamu sudah yakin dengan kebenaran yang ada dalam berita tersebut, maka coba kirim saja ke email redaksi atau via aplikasi pesan seperti WhatsApp.

Gunakan Kalimat yang Mudah Dipahami dan Tidak Bertele-tele

Karena pembaca yang akan membaca pers rilis tersebut dari semua kalangan, sebabnya kamu harus menghasilkan pers rilis yang mudah dipahami  semua khalayak. Sebab itu, kamu harus pintar-pintar memilih kalimat yang akan tampilkan di dalam pers rilis yang akan kamu kirimkan. Jangan berbelit dan bertele-tele, sampaikan saja inti dari pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca.

Baca Juga: Tips Membuat Konten Blog Menarik

Lengkapi Foto atau ilustrasi

Foto atau ilustrasi yang akan kamu sertakan dalam press release  juga harus menarik. Oleh karena itu, kamu juga harus belajar pengambilan angle foto. Setidaknya foto yang kamu kirim bersamaan dengan press release tersebut berkaitan dengan isi press release.

Cantumkan Data Penulis

Jika kamu mengirim pers rilis tersebut ke email redaksi salah satu media, tentu kamu harus mencantumkan identitas dan kontak yang bisa dihubungi.  Jika nanti ada hal yang perlu ditanyakan mengenai konten yang kamu kirimkan akan dapat dikonfirmasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *