Ilustrasi baca e-book Foto: Pexels
Ilustrasi baca e-book Foto: Pexels

Buku Cetak atau e-Book, Kamu Pilih yang Mana?

Diposting pada

Buku Cetak atau e-Book, Kamu Pilih yang Mana?-Tentu kita tidak memungkiri kemajuan teknologi saat ini termasuk dalam hal membaca.

Sekarang untuk mendapatkan informasi lebih mudah seiring dengan perkembangan zaman. Internet menjadi jalan mudah bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan dirinya. Persoalannya hanya mau atau tidak?

Buku-buku ilmiah, fiksi, penelitian, sastra dan lain sebagainya bertebaran di internet bahkan terkadang juga gratis. Namun ada beberapa buku yang tidak didapatkan di internet secara gratis. Tanpa harus beranjak ke toko buku, beberapa buku bisa didapatkan di mesin pencarian google.

Tapi tentunya kamu tak perlu merasa berat hati, masa untuk belajar dan menambah wawasanmu kamu terlampau pelit. Beli saja jika memang itu kamu butuhkan, apalagi untuk mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau thesis.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi penyuka buku fisik atau cetak pastinya akan berusaha memiliki buku dalam bentuk fisik. Seperti ada rasa senang saja ketika memiliki buku yang kita inginkan berada di dalam rak koleksi.

Buku Cetak atau e-Book, Kamu Pilih yang Mana

Kelebihan dan kekurangan buku cetak

Tapi secara pribadi saya lebih menyukai buku cetak karena ada kesan sepertinya lebih mudah dibaca dan tidak menyakitkan mata karena tidak harus berhadapan dengan layar komputer atau HP yang tentunya akan berdampak untuk kesehatan mata jika dilihat dalam jangka waktu yang lama.

Terus, buku-buku cetak juga akan lebih mudah digunakan misalnya untuk dicoret, atau ditandai kalimat yang penting.Tentunya kelebihan-kelebihan ini tak dimiliki ebook yang notabenenya hanya file PDF yang mudah hilang saat HP padam atau terhapus.

Namun kekurangannya buku-buku jenis ini tentunya akan berat jika terus dibawa-bawa kemanapun kita pergi, perawatan harus dilakukan jika tidak akan rusak dan tak bisa lagi dibaca. Kondisi rumah juga menentukan kondisi buku ini, apabila rumahnya memiliki rayap, atau atapnya bocor tentu dibutuhkan perhatian untuk merawat buku-buku yang kita koleksi.

Kelebihan dan kekurangan e-book

Kelebihannya, ebook bisa dibawa kemana saja yang kita mau tanpa harus takut rusak karena terkena air. Tanpa harus mengeluarkan uang, ebook bisa didapatkan dengan mudah di internet. Ebook juga bisa menjadi solusi di saat kondisi ekonomi sedang terpuruk dan kebutuhan akan buku tersebut sangat mendesak karenanya ebook bisa menjadi solusi di saat kondisi tertentu.

Terkadang, ada buku yang kita inginkan namun tidak terdapat di toko buku atau terkadang harganya terlampau mahal. Sedangkan kita sangat butuh dengan buku tersebut, sebab itu ebook menjadi solusi untuk persoalan-persoalan seperti ini.

Namun ya kekurangannya, tulisan kecil dan memokuskan pandangan hanya pada layar HP. Tapi tak ada salahnya, toh masih bisa dibuka di laptop yang layarnya lebih besar.

Bahkan, Pustaka Nasional Republik Indonesia telah merilis sebuah aplikasi bernama Ipusnas. Di aplikasi ini setiap pembaca bisa meminjam buku online apa saja yang tersedia di aplikasi tersebut. Tentunya sangat memudahkan kita yang suka membaca. Tapi ada antrian yang harus dijalani tatkala buku-buku yang kita ingin baca telah banyak dipinjam orang. Tentu itu bukanlah persoalan, teruslah mengantri dengan sabar sampai buku-buku itu berhasil kamu pinjam.

Buku cetak dan e-book saling melengkapi satu sama lainnya. Tak semu judul buku bisa didapatkan e-book-nya di internet. Juga terkadang tak semua e-book punya buku cetaknya.

Kesimpulan

Buku cetak maupuan e-book sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Namun alangkah baiknya kita memiliki kedua-duanya. Buku cetak bisa dikoleksi dan tentu akan lebih berharga dan menimbulkan rasa bahagia karena bisa memiliki buku yang kita inginkan berada di dalam rak buku.

Tapi e-book juga tak kalah pentingnya. Dalam kondisi-kondisi tertentu kehadiran e-book juga sangat dibutuhkan.

Jika buku cetak dijadikan koleksi dalam rak buku di rumah, maka e-book juga bisa menjadi koleksi pustaka digitalmu. Laptop atau HP bisa dijadikan pustaka digital berisikan koleksi-koleksi buku yang kamu inginkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *