Cara Buat Link Download di Blog dengan Google Drive

Diposting pada

Cara Buat Link Download di Blog dengan Google Drive-Saat membuka sebuah website tentu kerap kali kita menemukan link download. Keberadaan link ini tentunya sangat membantu kita untuk mengunduh file, video, atau audio yang kita butuhkan.

Namun siapa sangka cara membuat link donwload juga mudah bisa dengan menggunakan Google Drive. Salah satu aplikasi milik Google yang berfungsi untuk menyimpan berbagai file secara online.

Tentu hal utama yang harus kamu miliki adalah blog dan juga Google Drive. Jika kamu memiliki akun Gmail tentu kamu tak perlu khawatir. Tinggal login saja ke akun Google Drive. Selanjutnya klik upload file dan pilih file yang akan kamu unggah dan bagikan di blog.

Cara Buat Link Download di Blog

Upload File ke Google Drive

Hal utama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan file yang akan kamu bagikan di blog. Kita sebutkan saja misalnya file tersebut dalam bentuk PDF. Maka hal utama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan file PDF sebelum kamu upload ke Google Drive.

Jika sudah ada filenya, maka silahkan buka Google Drive melalui PC atau smartphone, kemudian unggah file tersebut ke Google Drive.

Bagikan File dan Salin Link

Tahap selanjutnya setelah menggunggah file ke Google Drive adalah membagikan link file tersebut. Caranya kamu hanya perlu mengarahkan kursor atau klik garis tiga di sisi kanan file.

Kemudian klik bagikan. Ubah siapa saja yang dapat melihat file yang kamu bagikan baik atau siapa saja yang memiliki link ini. Pilihlah siapa saja yang memiliki link ini.

Jika sudah, maka kamu tinggal menyalin link dan klik selesai.

Baca Juga: Cara Bagikan Folder dan File Google Drive Melalui HP

Masuk ke Blog dan Bagikan Link yang Sudah Disalin

Tahap selanjutnya adalah membagikan link yang sudah kamu salin tadi. Biasanya untuk pilihan download file akan diberikan tanda seperti warna, tulisan download atau unduh, atau sesutau yang menjelaskan bahwa file tersebut dapat diunduh.

Kamu hanya perlu login ke blogmu, baik blogger maupun wordpress. 

Buatlah kata yang menjelaskan bahwa file tersebut dapat diunduh. Contoh: Download File Ini

Nah kalimat tersebut bisa ditandai seluruhnya, kemudian klik ctrl+k, nantinya akan keluar kolom untuk memasukkan link Google Drive yang telah kamu salin tadi (untuk wordpress) atau bisa saja setelah menandai tulisan tersebut klik sisip/ sunting tautan di bagian atas laman wordpress.

Jika untuk blogger maka buat dulu tulisan untuk menyisipkan link, selanjutnya klik “sisipkan atau edit link”

Setelah memasukkan link maka tinggal klik terapkan atau tombol panah yang mengarah ke kiri.

Jika kamu sudah melakukannya  maka kamu tiggal publikasikan postinganmu tersebut agar pembaca dapat melihat postinganmu.

Caranya cukup gampang bukan? Ayo silahkan dicoba dan praktikkan untuk mengunggah file di blog milikmu agar dapat diunduh oelh siapa saja yang menginginkannya.

 

Kesimpulan

Setelah mengunggah link file tersebut ke blog, maka file tersebut sudah bisa diunduh oleh orang yang membutuhkan file yang kamu unggah.

Dengan melakukan klik pada link yang kamu sertakan di blogmu, maka orang tersebut nantinya akan diarahkan ke laman download untuk mengunduh file yang mereka inginkan. Tahap selanjutnya yang perlu mereka lakukan setelah klik file yang ingin mereka unduh adalah klik tombol download  yang berada di bagian kanan atas file tersebut.

Dengan demikian, hanya perlu menunggu beberapa saat maka file yang mereka butuhkan akan terunduh dan tersimpan di PC atau smartphone mereka. Caranya cukup gampang bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *