Foto Pexels.com/Suzy Hazelwood
Foto Pexels.com/Suzy Hazelwood

Cara Jitu Agar Blog Diterima Adsense

Diposting pada

Perhatikan Ini Agar Blog Diterima Adsense-Siapa sih yang tidak mau akunnya dimonetisasi adsense. Tentu ini salah satu tujuan yang ingin kita capai.

Lagian sudah capek-capek buat postingan ya harusnya mendapatkan penghasilan dong dari pekerjaan tersebut.

Memang untuk mendapatkan penghasilan dari blog bisa dengan berbagai cara. Pembahasan mengenai ini sudah pernah kami bahas sebelumnya. Anda tinggal baca di sini Cara Dapat Uang dari Blog

Adsense juga sangat menarik, bagaimana tidak? Anda dapat mempublikasikan berbagai tayangan iklan dari berbagai produk. Dengan mendaftarkan blog di Google Adsense kita mendapatkan tayangan iklan produk besar dan terkenal. Siapa yang tidak mau?

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan Adsense, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum buru-buru mendaftarkan blog kalian di Adsense.

By the way, di sini kita akan membahas tentang adsense untuk blog saja bukan Youtube.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar Blog Diterima Adsense

Bangun Blog

Hal utama yang wajib dilakukan adalah membangun blog terlebih dulu. Bagaimana caranya mendaftar Adsense jika blog saja belum punya. Kalian bisa menggunakan blogspot atau wordpress.

Saya senang menggunakan wordpress. Selain mudah, terkadang untuk keperluan tertentu hanya perlu mengunduh plugin saja tanpa harus memahami coding.

Konten Berkualitas dan original

Buatlah konten yang berkualitas, unik dan tentu bukan plagiat. Ini merupakan tugas utama yang harus kalian perhatikan. Jangan coba melakukan copy paste artikel dari blog lain dan ditayangkan di blog kalian. Hindari hal-hal seperti ini jika ingin blog kalian diterima  Adsense.

Cobalah untuk berkreasi dan ciptakan konten yang orisinal. Tentu ini menjadi sangat penting dan pengunjung pun akan kembali ke blog kalian jika memang kalian mengelola konten yang orisinal dan tentunya harus unik serta bermanfaat.

Perhatikan susunan kalimat yang kalian tulis, upayakan harus benar dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Berusia Lebih dari 18 Tahun

Adsense sendiri mensyaratkan usia blogger yang mendaftar Adsense harus lebih dari 18 tahun. Jika belum berusia segitu ya kalian belum bisa mendaftar di program yang satu ini. 

Konten Harus Mematuhi Kebijakan Adsense

Bacalah kebijakan program yang ditentukan oleh Adsense agar blog kalian nantinya bisa  menayangkan iklan. Jika ada pelanggaran tentunya pihak pengiklan bisa saja menonaktifkan penayangan iklan dari blog kalian tersebut. Baca Persyaratan Kelayakan untuk Adsense

Jadi ini sangat penting untuk diketahui sebelum mendaftarkan blog kalian.

Tampilan Blog Harus Jelas

Selanjutnya, yang harus kalian perhatikan adalah tampilan blog. Mengapa penting?

Ya jelaslah, bayangkan saja jika tampilan blog kalian tidak begitu jelas bagaimana bisa pengunjung betah di blog tersebut. Kemudian, menu navigasinya juga harus jelas. Jadi, jika kalian pemula cobalah belajar untuk membuat menu navigasi.

Pehatikan juga keterbacaan laman dan konten kalian. Awalnya, saya mendapatkan bahwa sejumlah konten blog saya memiliki masalah keterbacaan, saya kemudian kembali mengedit dan menggunakan font dengan ukuran sesuai.

Hal ini saya ketahui setelah saya mengindeks beberapa link artikel saya di Google Search Console.

Ada tiga hal yang disarankan oleh Adsense sendiri untuk menu navigasi di antaranya, keterbacaan, penataan, dan fungsi. Hal ini harus menjadi perhatian kalian sebelum mendaftarkan blog di Adsense.

Template juga harus menjadi perhatian. Dengan menggunakan template yang menarik dan desain yang profesional, maka blog kalian akan tampak lebih elegan dan profesional.

Tentukan Niche

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah mendaftarkan blog di Adsense. Blog yang saya daftarkan temanya gado-gado alias membahas berbagai tema. Beberapa kali saya mendaftarkan Adsense dan berkali-kali mendapat penolakan. 

Hingga akhirnya saya mengganti niche blog dan secara konsisten mengisi konten dengan niche yang spesifik. Tidak begitu lama, blog saya berhak menayangkan iklan.

Penggunaan niche juga berdampak untuk membangun audiens. Jika,l konten kalian orisinal, unik, menarik, dan membahas tema khusus, tentu hal ini juga akan berpengaruh pada pengunjung blog.

Logikanya begini, ketika kalian fokus pada satu niche, ketika blog kalian sudah dikenal, maka para pengunjung saat mencari informasi yang ingin mereka ketahui, maka blog kalian akan menjadi sasaran kunjungannya.

Tapi, bukan berarti blog dengan tema gado-gado tidak diterima ya. Banyak kok yang sudah diterima. 

Pilih Top Level Domain 

Bagusnya sih menggunakan domain berkualitas alias bukan yang gratisan. Cobalah menggunakan top level domain (TLD) yang berbayar agar blog kalian juga lebih tampak meyakinkan.

Baca Juga: Kelebihan Menjadi Blogger

Identitas Blog Harus Jelas

Saya juga beberapa kali mendapat penolakan. Kemudian coba saya telusuri di berbagai artikel, ternyata kala itu saya tidak mencantumkan identitas blog saya seperti tentang kami dan kontak.

Belajar dari pengalaman tersebut, kemudian saya coba menambahkan keterangan tentang blog saya. Seiring waktu dengan konsisten mengupdate konten, maka saya coba mendaftarkan kembali dan akhirnya diterima.

Bahkan sejumlah blogger lainnya juga menyarankan agar adanya tambahan disclaimer dan policy privacy sebelum mendaftarkan Adsense. Tentu tidak  salah untuk mencoba.

Hubungkan Blog dengan Google Search Console dan Analitycs

Setelah mengupdate konten tentu kalian perlu menggunakan Google Search Console agar laman dan konten kalian terindeks oleh mesin pencarian Google. Dengan demikian, seiring berjalan waktu, maka blog kalian akan lebih dikenal oleh para pembaca yang melakukan pencarian di Google.

Untuk Google Analitycs sendiri perlu dihubungkan agar kalian dapat menganalisa kunjungan ke blog kalian.

Kesimpulan

Tidak ada salahnya mencoba tips-tips di atas agar blog kalian dapat menayangkan iklan dari Adsense.

Intinya, tetap konsisten dan jangan pernah menyerah. Update konten terbaru yang menarik dan unik serta orisinal ya. Jangan pernah lakukan copy paste artikel dari blog lain.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Bisa baca artikel menarik dari Opiori di Google News

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *