Ilustrasi Foto Pixabay via Pexels.com
Ilustrasi Foto Pixabay via Pexels.com

Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

Diposting pada

Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram-Fitur yang tersedia di Instagram kini semakin lengkap. Terlebih lagi dengan hadirnya dashboard profesional.

Bahkan untuk membuat kategori akun IG sebagai blog pribadi juga sudah bisa dilakukan. Nantinya setelah mengaktifkan fitur ini akan tampil di profil Instagram kalian “blog pribadi”.

Tentu dengan hadirnya fitur ini dapat membuat para pengunjung Instagram kalian tahu bahwa akun tersebut adalah blog pribadi atau bahkan kategori lainnya seperti gamer.

Caranya pun cukup mudah. Baiklah akan kami jelaskan berikut ini.

Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

  1. Login ke akun Instagram

Kita asumsikan kalian sudah mendaftar akun Instagram saja. Jika sudah punya akun maka login dulu ke akun IG kalian terlebih dulu. Kemudian klik di bagian profil yang terletak di bagian kanan bawah.

Cukup dengan menggunakan smartphone saja ya tidak perlu ribet-ribet dengan menggunakan PC. Ambil Smartphone dan login ke akun Instagram.

  • Ubah Akun Kalian Menjadi Dashboar Profesional

Ini adalah hal penting yang harus kalian lakukan yaitu mengubah akun menjadi dashboard profesional. Sebelum mengaktifkan dashboard profesional pastikan kalian tidak melakukan privat pada akun IG kalian ya. Ubah ke publik dulu ya jika sebelumnya kalian memprivat akun kalian.

Selanjutnya, masuk ke profil akun kalian, kemudian klik edit profil. Setelah itu klik ubah menjadi dashboard profesional.

  • Pilih Kategori Akun yang Tepat

Jika sudah klik dashboard profesional, maka kalian akan diarahkan untu memilih kategori yang menggambarkan akun kalian. Jika memang akun tersebut menggambarkan blog pribadi, maka silahkan pilih blog pribadi. Sebenarnya tidak hanya blog pribadi, kalian bisa memilih berbagai kategori lainnya, misalnya blogger, fotografer, kedai kelontong dan lainnya. 

Jangan lupa klik tampilkan di profil agar muncul tulisan “blog pribadi” di profil IG kalian.

  • Pilih Kreator atau Bisnis

Setelah mengisi kategori, nantinya kalian akan diarahkan untuk memilih “kreator” atau “bisnis” pilihlah salah satunya.

 

  • Siapkan Akun Profesional

Tahap terakhir adalah melengkapi pendaftaran akun profesional yang berisi lima langkah yang terdiri dari “Lengkapi profil Anda”, Dapatkan Inspirasi, Kembangkan Pemirsa, Perkenalkan Diri Anda, dan Jelajahi Fitur dan Insight.

Kamu dapat melengkapi fitur yang tersedia. Misalnya nantinya, kamu dapat menambahkan Url Blog kalian di fitur Lengkapi Profil Anda.  Jika semua tahapan ini sudah selesai dilakukan, maka profil Instagrammu telah berhasil menampilkan tulisan blog pribadi.

Cara Mengubah Kategori di Instagram

Nah jika kalian ingin mengubah kategori juga masih bisa kok. Caranya pun sangat mudah.

  1. Masuk ke profil kalian
  2. Klik edit
  3. Klik kategori
  4. Pilih kategori
  5. Pilih tampilkan di profil
  6. Simpan

Dengan begitu maka kategorinya sudah berganti.

Cara Hapus Kategori “Blog Pribadi”

Jika ingin menghapus kategori juga bisa kok. Caranya gampang juga, gak perlu ribet ya. Langsung saja.

  • Klik profil kalian, kemudian garis tiga di pojok kanan atas.
  • Klik pengaturan dan privasi
  • Pilih fitur dan kontrol kreator
  • Scroll ke bawah kemudian klik ubah jenis akun. Ubah jenis akun ke pribadi
  • Dengan demikian kategori di profil kalian sudah terhapus seiring dengan berubahnya status akun kalian dari bisnis ke pribadi.

 

Catatan

Caranya cukup gampang kan?

Jadi untuk mengaktifkan dashboard profesional akun tidak boleh diprivat. Ubah dulu pengaturannya menjadi publik agar dapat mendaftar akun profesional.

Untuk kategori yang ingin kalian tampilkan di akun Instagram tergantung pada tujuan pembuatan akun Instagram kalian ya atau sesuai dengan profesi yang kalian jalani.

Dengan membuat akun profesional dan menambahkan kategori pada akun Instagram tentu akan dapat memberitahu pada pengunjung tentang kegiatan kalian. Jadi sangat menguntungkan juga untuk membuat para pengunjung lebih percaya dengan aktivitas kalian di Instagram.

Silahkan dicoba caranya cukup mudah kan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *