Ilustrasi: Foto:Pexels.com
Ilustrasi: Foto:Pexels.com

Cara Menulis Artikel dengan Cepat dan Berkualitas Tinggi  

Diposting pada

Menulis banyak artikel untuk blog memang sangat menguntungkan. Namun menemukan waktu untuk membuat artikel blog berkualitas bisa menjadi tantangan besar.

Saya yakin sebagian besar dari kamu telah mendengar saran bahwa memprioritaskan waktu dengan hati-hati akan menyelesaikan semua masalah. Dalam pengalaman saya, memprioritaskan waktu hanyalah satu elemen.

 

Saya banyak menulis. Banyak postingan setiap minggu di blog saya. Saya juga berkontribusi postingan tamu di beberapa situs lain yang terkait dengan blog saya.

Satu hal yang saya pelajari adalah jika kamu ingin menjadi produktif untuk menulis artikel blog yang baik dan masih punya waktu luang untuk keluarga atau teman, kamu harus mengikuti alur kerja tertentu.

Cara Menulis Artikel dengan Cepat dan Berkualitas Tinggi

Berikut adalah beberapa elemen yang telah saya tambahkan ke alur kerja saya yang membantu saya menulis artikel lebih cepat dan cara menulis artikel yang lebih baik:

Tuliskan Gagasan

Sepanjang hari saat ide muncul di benak, saya selalu menuliskan semuanya. Ini membantu saya melacak ide-ide yang dapat menginspirasi postingan blog saya berikutnya.

Saya menggunakan papan tulis besar yang dipasang di dinding di kamar saya. Kamu mungkin lebih suka menggunakan notebook biasa. Kuncinya adalah menuliskannya!

Inspirasi bisa datang kapan saja, kamu hanya perlu siap. Berkat teknologi, ada banyak alat dan aplikasi yang tersedia yang dapat membantu kamu menangkap apa pun yang terpikirkan.

Ini juga merupakan ide bagus untuk membuat kalender editorial di mana kamu dapat merencanakan artikel kamu berdasarkan bulan, hari dan waktu rilis.

Jika kamu bekerja dengan tim, saya sarankan kamu menggunakan kalender editorial di blog. Ini akan membantu kamu dan tim kamu melacak apa yang perlu ditulis, ditinjau, dan diterbitkan, kamu dapat menggunakan alat seperti CoSchedule untuk membuat kalender editorial.

Kamu bahkan dapat bertemu setiap minggu untuk membahas prioritas dan menindaklanjuti gagasan untuk postingan selanjutnya.

Buat Garis Besar

Setelah menentukan topik yang akan kamu tulis, langkah selanjutnya adalah merancang garis besar. Garis besar ini akan memberikan struktur pada artikelmu dan mempermudah pengaturan ide-ide dengan lebih efektif.

Seringkali kita duduk di depan komputer, hanya menatap layar yang kosong, dan tentu saja, kamu tidak sendirian – saya juga mengalaminya. Saya menemukan bahwa saya dapat menulis dengan lebih cepat ketika saya mulai dengan garis besar. Ini membantu saya tetap terfokus dan terorganisir. Jadi, saat kamu merencanakan garis besar, pertimbangkan untuk:

  • Bayangkan garis besarmu seperti bagian berpendapat dalam proses menulismu.

  • Identifikasi poin utama yang ingin kamu sampaikan di akhir artikel.

  • Periksa dan susun sub-topik dengan cara yang menurutmu cocok untuk pembaca.

 

Setelah kamu memutuskan poin utama kamu, langkah selanjutnya adalah menambahkan dokumentasi pendukung yang relevan. Ini bisa dalam bentuk fakta dan angka, kutipan, gambar, cerita atau pengalaman pribadi kamu.

Lakukan riset dan pengecekan fakta

Sebelum menulis artikel blog kamu, pastikan kamu melakukan survei mendalam tentang apa yang akan kamu tulis sehingga kamu tidak kehilangan fokus ketika saatnya menulis.

 

Jika memungkinkan, jadwalkan penulisan sebanyak mungkin postingan dalam blok waktu yang sudah ditetapkan. Selalu merujuk ke kalender editorialmu dan selesaikan postingan sebelumnya untuk menghindari tekanan waktu.

Hal ini juga memberimu kesempatan untuk menjauh dari komputer sejenak dan kembali nanti untuk meninjau serta mengedit pekerjaanmu.

Saat Menulis, Biarkan Itu Mengalir Dan Edit Nanti

Seringkali, orang bertanya bagaimana saya bisa menulis beberapa postingan blog dalam sehari. Jawabannya sederhana: saya fokus sepenuhnya. Saya menghindari gangguan dan hanya fokus pada penulisan.

Saya tidak melakukan pengeditan artikel hingga menyelesaikan penulisan. Meskipun mungkin tidak cocok untuk semua orang, tetapi pendekatan ini berhasil bagi saya. Terus-menerus berhenti mengedit, dan memperhatikan tata bahasa serta ejaan hanya akan mengganggu alur pemikiran.

Menulis Pada Block Waktu yang Ditentukan

Ada banyak tugas yang diperlukan saat membuat konten sebelum kamu dapat mendorongnya langsung. Saya sarankan kamu mengerjakan tugas-tugas itu dalam blok waktu tertentu. Mengadopsi strategi ini akan membantu kamu menjadi lebih produktif dan membuat konten yang lebih baik.

Kumpulkan gambar yang kamu perlukan untuk postingan sekaligus daripada menghentikan tulisan kamu untuk mencarinya satu per satu. Menumpuk tugas-tugas ini akan membantu kamu tetap fokus pada tulisan kamu.

Gunakan Analytics, Komentar dan Media Sosial

Menerapkan analisis di blog kamu adalah cara yang bagus untuk mengenal lebih banyak orang yang mengunjungi situs kamu.

Menggunakan Google Analytics akan membantu kamu melacak apa yang dilakukan audiens kamu ketika mereka mengunjungi situs kamu. Ini juga akan menunjukkan kepada kamu artikel mana yang menghasilkan klik paling banyak.

Analitik kamu akan membantu menentukan jenis artikel apa yang paling sesuai dengan pembaca kamu. Ini lebih efektif daripada kamu menduga-duga dalam menentukan mana yang berhasil dan apa yang tidak.

Selain analitik, perhatikan baik-baik komentar di artikel kamu. Ini dapat memberi kamu umpan balik yang berharga tentang produk atau layanan kamu.

Saya juga menyarankan kamu memeriksa komentar dan percakapan yang diposting di media sosial. Kapan orang punya pertanyaan? Jawab pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dengan pos terperinci. Dengan begitu pembaca kamu tahu kamu benar-benar mendengarkan dan bersedia menanggapi pertanyaan dan masalah mereka.

Hilangkan Segala Gangguan

Saya memulai dengan menghindari segala gangguan, seperti media sosial.

Setiap orang memiliki waktu yang kondusif untuk menulis artikel; pagi mungkin cocok bagi beberapa orang, sementara yang lain merasa paling kreatif di malam hari. Tentukan waktu yang terbaik untukmu dan konsistenlah melakukannya.

Terakhir dari Saya

Menerapkan alur kerja yang ditentukan akan membantu kamu menghasilkan artikel yang lebih baik dengan langkah yang jauh lebih cepat dan masih punya waktu untuk mengelola bagian tulisan kamu secara efektif.

Menyadari sepenuhnya waktu yang diperlukan untuk membuat artikel berkualitas akan membantu kamu menyelesaikan lebih banyak dan mencapai keseimbangan kerja / kehidupan yang lebih baik.

Apakah kamu mengikuti alur kerja yang saya tetapkan diatas? Ceritakan tentang pengalaman kamu dengan meninggalkan komentar dibawah.

Written By: Tomy Saputra (penasihat WP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *