Ilustrasi WhatsApp foto Pexel.com
Ilustrasi WhatsApp foto Pexel.com

Gunakan Fitur Ini Ketika Ada yang Nyampah di Grup WhatsApp

Diposting pada

Saat bergabung di grup WhatsApp tentu kita akan bertemu dengan berbagai karakter anggota grup.

Ada anggota yang cuma read tanpa balas apapun, ada yang muncul di grup cuma saat perlunya saja, ada yang hanya membalas dengan balasan jempol saja.

Namun ada yang terlampau aktif hingga melupakan privasi grup dengan berbagai berbagai tautan, link media sosial atau video yang sama sekali tak ada kaitannya dengan grup tersebut.

Tipe anggota grup yang terakhir ini tentu sangat menyebalkan dan terlampau mengganggu ketentraman dan kenyamanan berada di grup tersebut.

Sejatinya, grup WhatsApp menjadi tempat untuk berbagi berbagai informasi yang dibutuhkan oleh setiap anggotanya.

Namun, kadangkala model-model anggota grup seperti ini juga pernah kita temukan di dalam grup kita masing-masing. Saya sendiri merasa risih ketika ada anggota grup yang terlampau aktif hingga membagikan konten-konten yang tidak bermanfaat alias nyampah di grup demi kepentingan untuk bercanda.

Nah, garingnya karena keseringan ngirim pesan yang dianggap tidak ada kaitannya dengan grup, hingga pesan-pesan dari oknum tersebut tak lagi ditanggapi oleh anggota grup lainnya.

Model-model anggota grup seperti itu saat ini sudah bisa dibungkam oleh admin grup sendiri. Nah pertama kali sebaiknya nasehati anggota grup tersebut agar tidak mengirim pesan atau konten yang tidak ada manfaatnya.

Bahkan terkadang pesan berbentuk hoaks pun ikut tersebar di grup tersebut dengan sumber yang tidak jelas dan informasi yang kadang sudah kadaluarsa, hal tersebut hanya akan menimbulkan keresahan saja di tengah anggota grup.

Terlebih lagi belakangan ini pesan berbentuk malware menjadi persoalan yang kerap meresahkan. Tiba-tiba saja kita mendengar bahwa akun WhatsApp si A telah terkena malware.

Ada beberapa fitur WA yang bisa kamu manfaatkan untuk membungkam anggota grup penyebar hoaks dan juga penyebar konten sembarangan.

Gunakan Fitur Ini Ketika Ada yang Nyampah di Grup WhatsApp

Penghapus pesan

Kini, admin grup dapat menghapus setiap pesan yang  kurang tepat di dalam grup tersebut. Khusus admin grup, silahkan klik pesan yang dikirim oleh anggota grup yang  sama sekali tidak menunjukkan visi misi dari grup, kemudian pilih hapus untuk semua orang.

Pesan yang sudah terhapus tersebut tidak akan terlihat lagi oleh para anggota grup. Jadi tak perlu khawatir lagi jika ada anggota yang suka nyampah di grup.

Baca juga: Canva Bisa Bantu Kamu untuk Ciptakan Konten yang Menarik

Hanya admin yang bisa mengirim pesan

Admin grup juga bisa menggunakan fitur yang satu ini. Ketika ada anggota grup yang sudah melenceng, maka tindakan yang patut admin lakukan adalah membuat pengaturan grup hanya admin yang bisa mengirim pesan saja.

Cara ini cukup mudah, kamu hanya tingga masuk ke grup kemudian klik nama grup. Selanjutnya pilih opsi “izin grup”, setelah itu klik opsi mengirim pesan dengan menon-aktifkan mengirim pesan, maka hanya admin yang dapat mengirim pesan di grup tersebut.

Kamu juga dapat mengaktifkan kembali, jika nanti penyebar hoaks atau nyampah di grup itu telah berkomitmen untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Bisukan notifikasi grup

Tentu ini juga bisa kamu manfaatkan, jika memang sudah terlalu terganggu dengan isi dari pesan grup tersebut yang telah tercemar oleh pesan dari anggota grup tertentu, maka jika tidak mungkin keluar dari grup, maka kamu dapat membisukan notifikasi grup saja.

Caranya mudah, kamu hanya perlu masuk ke grup, kemudian klik garis tiga pojok kanan, kemudian pilih bisukan notifikasi. Maka notifikasi di grup tersebut tak akan lagi terdengar, toh nanti jika ada informasi penting tinggal tanyakan saja pada admin atau anggota grup lainnya.

Keluarkan dari grup WhatsApp

WhatsApp juga menyediakan opsi untuk mengeluarkan anggota dari grup. Opsi ini bisa kamu lakukan terutama jika kamu adminnya.

Ketika ada anggota grup yang suka menyebarkan hoaks atau sembarang mengirim pesan dan sudah pernah kamu ingatkan berkali-kali, maka solusi terakhir keluarkan saja dari grup.

Kesimpulan

Sebaiknya kirim saja pesan-pesan penting di dalam grup agar tidak mengganggu kenyaman anggota lain. Ketika ada yang mengirim pesan  di grup maka akan menjadi konsumsi semua anggota grup.

Pesan-pesan yang tidak bertanggung jawab itu kadang kala dapat mengganggu kenyamanan dan tidak sedikit yang terpaksa keluar dari grup karena merasa terganggu.

Fitur-fitur yang telah kami sebutkan dapat kamu gunakan agar setiap anggota grup menjadi lebih paham dan beretika ketika mengirim konten-konten atau pesan ke dalam grup.

 

Baca artikel menarik lainnya dari Opiori di Google News

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *