Hasilkan uang Foto:Pixabay
Hasilkan uang Foto:Pixabay

Hasilkan Uang dari Menulis, Kirim Karya ke Situs Ini

Diposting pada

Bagi kamu yang hobi menulis tentu ada sejumlah situs yang siap menampung berbagai karanganmu, mulai dari opini, cerpen, puisi atau tulisan lainnya berhasa Indonesia atau Inggris. Kampu dapat mengirimkan karya-karya tulismu untuk hasikan uang.

Dengan menciptakan karya orisinal kamu dapat mengirimkannya ke situs-situs yang kami rekomendasikan. Beberapa situs yang kami sebutkan di bawah ini bersifat platform yang bisa kamu akses sendiri dengan menerbitkan sejumlah tulisan dan artikel sesuai dengan keinginanmu.

Hasilkan uang dari internet tentu bisa dilakukan saat ini, tidak terkecuali dengan menulis dan mengirimkannya ke berbagai situs.

Hasilkan Uang dari Menulis, Kirim Karya ke  Situs Ini

Berikut daftar situs yang dapat kamu kirimkan artikel untuk menghasilkan uang jika tulisan-tulisanmu tersebut tayang.

Mojok.co 

Website dengan tagline “Suara orang biasa ini” menjadi salah satu media yang menayangkan tulisan dari para penulis selain redaksinya sendiri.

Honor yang Mojok berikan untuk setiap tulisan lumayan berkisar antara Rp225 ribu-Rp525 ribu dan belum dipotong pajak. Bayaran ini sesuai dengan jenis tulisan yang kamu kirimkan.

Redaksi mojok.co sendiri menerima tulisan dalam bentuk Esai, Konter, Otomojok, dan Malam Jumat ataupun uneg-uneg (ini merupakan rubrik di mojok.co).

Tulisan dapat kamu kirimkan ke email redaksi@mojok.co. 

Terminal Mojok

Selain itu, mojok juga telah membangun rubrik Terminal Mojok yang merupakan platform User Generated Content (UGC). Di sini kamu dapat mengirim artikel tentang unek-unek, kegelisahan, atau curhatan yang bisa ditulis seputar asmara, lifestyle, kampus, musik, fashion, dan dunia anak muda lainnya.

Di Terminal Mojok, setiap tulisanmu yang tayang akan mendapat 1 poin, dan ketika kamu sudah mendapatkan 10 poin maka kamu berhak mendapatkan honor sebesar Rp.250.000 belum dipotong pajak. Dalam sebulan kamu dapat mengklaim honor sebesar Rp.500.000 atau setara dengan 20 tulisan. 

Buruan.co 

Buruan.co juga menjadi salah satu website yang akan menampung tulisan kamu yang berbentuk puisi atau cerpen. Tapi pastinya tulisan itu sudah melewati penilaian oleh para editor. Seandainya tulisan kamu tayang, maka akan diberikan honorarium sebesar Rp.200.000 untuk setiap tulisan dan akan dikirim paling lambat 2 minggu setelah karyamu tayang. Tertarik?

Biasanya karya-karya penulis akan tayang pada tanggal 10,20,30 setiap bulannya.

Untuk rubrik puisi kirimkan 7-10 karya. Sedangkan, untuk cerpen harus memiliki 3500-5000 karakter tanpa spasi.

 

Basa-basi.co

Situs yang satu ini juga menerima tulisan dalam bentuk cerpen, puisi, dan tulisan ringan. Untuk setiap tulisan yang tayang juga mendapatkan honorarium berkisar antara 100.000-350.000 tergantung dengan jenis tulisan yang kamu kirimkan.

Untuk tulisan ringan akan mendapatkan fee sebesar 100.000, Cerpen Rp.300.000, dan puisi Rp.250,000. Tertarik tidak?

Menurut saya itu bayaran yang besar. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menulis dan mengirim artikelmu di situs tersebut.

 

Sediksi.com 

Sediksi juga salah satu website yang menerima kiriman opini dari pembaca. Redaksi sendiri menyediakan kolom kontribusi. Di websitenya pihak sediksi menyebutkan bahwa setiap tulisan yang tayang mendapatkan honorarium. Untuk jumlah fresh money  silahkan baca selengkapnya di sini

Islami.co

Di sini kamu dapat mengirim tulisan tentang tema keislaman. Pihak redaksi mensyaratkan tulisan dengan jumlah 700 hingga 1000 kata per artikel. Terkait honorarium klik di sini

IDN Times

IDN Times merupakan media besar yang menyediakan kolom community. Di kolom ini kamu bisa mendaftarkan diri menjadi penulis. Nantinya tulisan kamu yang tayang akan dibayar sesuai dengan koin yang berhasil kamu kumpulkan.

 

Baca Petra

Situs berikutnya yang juga menyediakan rubrik puisi adalah Baca Petra. Situs yang mengusung tagline Menjadi Lebih Baik dengan Membaca ini juga membuka peluang bagi para penulis untuk mengirimkan karyanya dan akan dimuat di bacapetra.co. Salah satu rubrik yang cocok buat kamu yang menyukai sastra adalah puisi.

Situs ini sendiri menjelaskan bahwa mereka menyediakan honorarium untuk setiap puisi yang tayang sebesar Rp.300.000. Puisi yang kamu kirimkan akan terlebih dulu melalui proses kurasi. Kirimkan minimal 5-8 karya puisi ya sebagaimana yang disyaratkan oleh Baca Petra. Tunggu apalagi. Informasi selengkapnya silahkan klik di sini

Maghrib.Id

Situs berikutnya yang juga dapat kamu kunjungi untuk sekedar membaca karya penulis lainnya dan juga untuk mengirimkan karyamu sendiri adalah Maghrib.Id.

Maghrib,id juga menerima kiriman tulisan berbentuk puisi, minimal kamu harus mengirimkan 7-10 karya puisi bertahun terbi0t 2019. Honorarium bagi yang tulisannya dimuat akan ditransfer paling lambat 18 hari setelah pemuatan tulisan. Selengkapnya klik di sini

Tunggu apalagi? Siapkan karya sebaik mungkin dan coba saja kirimkan karya-karyamu ke situs-situs tersebut. Selain mendapatkan honorarium, karyamu juga dapat dibaca oleh para pembaca lainnya dari berbagai daerah.

Hive Blog

Bergabung dengan Hive kamu dapat menuliskan berbagai tema artikel atau mempublikasikan foto-fotomu. Kamu akan mendapatkan coin hive dollars jika kamu mendapatkan upvote dari pengguna hive lainnya. Semakin banyak kamu berkarya maka peluang untuk mendapatkan cuan semakin banyak.

Ini merupakan salah satu dari 4 situs berbahasa Inggris yang dapat menghasilkan uang.

Steemit

Tidak jauh berbeda dengan Hive, Steemit juga salah satu platform yang membayar penulisnya berdasarkan vote dari peserta lainnya. Honorarium yang diberikan berupa  SBD atau steem yang bisa dikonversi. Nilai vote dari para steemian tentu akan berbeda. Kamu dapat menulis berbagai tema yang kamu kuasai, mengupload foto atau video.

 

Medium

Medium membayar dengan dollar, kamu dapat menulis berbagai tema yang kamu suka. Caranya kamu hanya perlu mendaftar di akun ini dan menjadi bagian dari penulis. Jangan pernah ragu untuk mendaftar. Jika karyamu menarik maka kamu akan mendapatkan claps dari pengguna situs ini.

Baca Juga: 10 Cara Hasilkan Uang dari Hobi Menulis

Perhatikan Ini Sebelum Kirim Artikel ke Situs Berbayar

Pantau dan Baca Aturannya

Hal utama yang harus kalian lakukan adalah memantau media yang menerima kiriman artikel dari penulis bebas.

Jika kamu sudah menemukannya, maka tahap selanjutnya adalah membaca  aturan dan kebijakan situs tersebut terkait artikel yang tayang di website mereka. Baca dengan teliti setelah itu tulislah artikel yang tidak melanggar kebijakan situs ini.

Artikelnya Harus Menarik dan Milik Sendiri

Menulis konten original dan menarik merupakan hal yang wajib dilakukan untuk setiap artikel apapun dan untuk media apapun.

Meskipun kalian menulis untuk blog sendiri, persyaratan ini juga harus kalian perhatikan.  Jangan sampai melakukan copy paste artikel milik orang lain. 

Jangan Asal, Data Harus Benar

Tentu menulis artikel original saja belum cukup, yang harus dipeharhatikan adalah kebenaran datanya. Jika kalian menulis artikel tentang berbagai hal misalnya kritik sosial tentu kalian harus menulis berdasarkan fakta dan data. Tulislah berdasarkan kenyataan dan tambahkan data yang akurat. Sebab itu, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis artikel.

Ciri Khas Artikel yang Tayang

Maksudnya adalah untuk mengetahui ciri-ciri artikel yang tayang. Jika suatu platform banyak menayangkan artikel satire, maka kamu harus pandai-pandai menulis artikel sebagaimana yang kebanyakan tayang di situs tersebut.  Tentu dengan memperhatikan keaslian, unik, dan berdasarkan fakta dan juga menghadirkan data yang valid.

Panjang Artikel Jadi Perhatian

Biasanya sejumlah website mensyaratkan sebuah artikel harus berisikan jumlah minimal kata dan karakter untuk sebuah artikel.

Sebabnya di awal tadi, sudah kami jelaskan bahwa yang harus diperhatikan adalah persyaratan yang ditentukan oleh pengelola website itu sendiri termasuk di dalam mengenai jumlah minimal kata atau karakter dari sebuah artikel.

Hindari Typo dan Paparkan dengan Jelas

Kamu juga harus memperhatikan kaidah penulisan yang benar dan hindari typo alias salah ketik. Oleh karena itu, kalian harus cermat saat menulis setiap kata dalam artikel kalian. gunakan bahasa yang mudah dimengerti, perhatikan susunan kalimat, dan tanda baca juga harus benar.

Sebelum Kirim, Edit Dulu

Upayakan sebelum mengirim artikel baca kembali artikel yang akan kamu kirim dan lakukan proses editing dengan cermat. Bila perlu minta rekanmu untuk membaca artikel yang telah kamu susun dan minta saran darinya.

Jangan Lupa Cantumkan Biodata Penulis

Tambahkan juga biodata penulis di bawah artikel. Biasanya sejumlah situs meminta para penulis untuk menambahkan data diri, setidaknya nama, nama aku media sosial, gambaran pribadi penulis bisa jadi mengenai pekerjaan atau bahkan hobi. Ini tergantung dari situs tersebut.

Kirim dan Tunggu

Proses terakhir setelah kamu yakin semua sudah selesai, maka proses terakhir adalah mengirim artikel. Setelah terkirim, maka tahap selanjutnya adalah menunggu.

Tunggu saja balasan dari media tersebut akankah artikelmu tayang atau tidak. Biasanya sejumlah situs menjelaskan bahwa jika dalam masa tertentu artikel tersebut tidak tayang, maka penulis bisa mengirimkannya ke media lain.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *