Ilustrasi 4 Kelebihan Menjadi Travel. Blogger Source Photo Pixabay.com
Ilustrasi 4 Kelebihan Menjadi Travel. Blogger Source Photo Pixabay.com

Ini yang Harus Diperhatikan Blogger Sebelum Daftar Adsense

Diposting pada

Ini yang Harus Diperhatikan Blogger Sebelum Daftar Adsense

Mendapatkan uang tambahan dari menulis di blog tentunya sangat mengasyikkan. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet berbagai pekerjaan bisa kamu lakukan sambil minum kopi atau bahkan sambil rebahan di rumah.

Dulu, saya tidak tertarik untuk mengirim tulisan ke website-website lainnya, saya lebih suka fokus pada blog sendiri yang kala itu saya masih menggunakan yang gratisan.

Saya lebih suka menulis apa yang saya suka dan tidak pernah memikirkan SEO, bahkan awalnya saya tidak tahu apa SEO tersebut. Ya memang cukup berhasil menulis seperti itu untuk mengaet para pembaca. Apalagi saya aktif membagikan berbagai postingan tersebut di media sosial terutama facebook yang penggunanya sangat banyak.

Hingga akhirnya, saya mendaftarkan adsense dan beberapa waktu kemudian blog saya mendapat tayangan iklan adsense. Tentu saya sangat bahagia kala itu, maklum mengelola blog dengan suka-suka, akhirnya bisa menayangkan iklan.

Tanpa tema yang jelas, yang jelas blog saya saat itu gado-gado alias membahas segala hal yang saya suka, mulai dari tulisan dengan tema travelling, makanan, sejarah, ulasan tentang daerah, postingan di media sosial, tentang aplikasi, semua saya ulas di blog tersebut.

Pada akhirnya, saya mulai berpikir bahwa saya tidak memilik pembaca yang tetap dengan tema gado-gado. Beberapa bulan menayangkan iklan, artikel saya hanya mendapatkan beberapa klik saja. Hingga akhirnya. saya mengabaikan blog tersebut bahkan saat domainnya sudah memasuki waktu perpanjangan, saya tidak lagi memperpanjang domain tersebut.

Belajar dari pengalaman tersebut saya mengambil kesimpulan;

Ngeblog harus serius

Menjalani hobi menulis di blog tentu harus kita lakukan dengan serius. Tidak hanya cukup dengan memposting sesuka hati, dengan jumlah minimal kata yang tidak jelas. Kadang 100 atau 200 kata saja. Tentu itu tidak cukup untuk menempatkan tulisan kita tayang di halaman pertama Google. Jelas tidak cukup.

Coba lihat saja, beberapa postingan yang muncul di halaman satu Google rata-rata tulisannya berkisar antara 1000 kata. Dan itu harus menjadi pelajaran bagi kita semua.

Kemudian, dari segi penulisan juga harus benar dan tentunya harus unik. Tidak hanya dengan menulis alakadar dengan berharap banyak pengunjung. Tentu jika alakadar ya pengunjung juga alakadar, maklum karena kita membangunnya atas sikap alakadar ya akan menghasilkan hasil yang alakadar juga.

Harus Paham SEO

Kamu juga harus memahami SEO, carilah kata kunci yang di Google Trend yang banyak dicari oleh warganet. Dengan demikian, peluang pengunjung ke blog yang kamu bangun akan lebih besar.

Harus fokus pada satu tema

Tidak salah untuk menulis dengan berbagai tema. Tapi tentunya dengan fokus pada satu tema saja, membuat pengunjung akan kembali ke blog yang kamu bangun. Posisikan saja dirimu pada pembaca “apakah kamu akan kembali pada blog yang temanya beragam? Pertanyaan tersebut bisa kamu jawab sendiri.

Di saat kamu fokus misalnya pada pembahasan tentang “elektronik” besar kemungkinan blog tersebut akan menjadi rujukan bagi orang lain di saat mereka sedang bingung tentang spek elektronik yang sedang mereka cari.

Desain harus menarik

Kamu harus memperhatikan desain blogmu. Tentu ini menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Desain yang menarik tentu aka menentukan kenyamanan pembaca. Jika tampilan blogmu alakadar dengan tulisannya yang kecil, tentu ini akan menyulitkan para pembaca untuk membaca artikel yang kamu tulis.

Penulisan harus menarik

Di website resminya, Adsense menitik beratkan bahwa konten yang ditulis di blog harus orisinal dan unik. Hadirkan tulisan yang menarik di blogmu serta memiliki nilai tambah bagi pembaca. Sehingga dengan demikian, blogmu punya ciri khas dan juga menarik untuk dikunjungi oleh pembaca.

Baca Juga:4 Kelebihan Menjadi Travel Blogger

Konsisten

Upayakan kamu mengisi blogmu dengan konsisten, aturlah jadwal untuk menerbitkan postinganmu. Jangan patah semangat untuk menulis di blog, meskipun pada awalnya kamu akan merasa bosan karena jumlah pengunjung yang sedikit. Tapi kalau kamu konsisten, tentu perlahan blogmu akan mendapatkan trafik yang banyak setiap harinya.

Jumlah Postingan yang dibuat blogger

Adsense sendiri tidak merinci berapa jumlah postingan yang pasti untuk dapat menerima iklan. Namun usahakan kamu memiliki tulisan lebih dari 20 artikel di blogmu, kemudian daftarkan adsense.

Jika tidak diterima, maka ada yang kurang dari blogmu. Maka coba analisa apa kira-kira kesalahanmu. Baik dari jumlah postingan, tampilan blog atau bahkan tulisanmu masih sifatnya copy paste.

Buatlah menu tentang, disclaimer, dan privacy policy

Tentu identitas blogmu menjadi penting. Upayakan untuk mendeskripsikan blogmu di bagian footer dengan menambahkan laman, tentang kami, disclaimer dan pricay policy. Beberapa blogger menyebut hal ini wajib ada agar blog dapat diterima di adsense. Nah jika belum ada, maka cobalah untuk membuatnya.

Jangan Lupa daftarkan blogmu di Google Search Console

Tujuannya agar blog kamu dapat terindeks oleh Google. Caranya cukup mudah, coba masuk saja ke laman https://search.google.com/ kemudian login dengan email dan masukkan url web yang ingin kamu daftarkan. Setelah terdaftar di Google Search Sonsole, setiap kali setelah membuat postingan kamu hanya perlu memasukkan URL artikelmu di search console agar terindeks.

 

Bisa baca artikel menarik lainnya dari Opiori diĀ Google News

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *