Kesalahan Menulis Konten Blog yang Harus Dihindari

Diposting pada

Kesalahan Menulis Konten Blog yang Harus Dihindari-Aktivitas Blogging Menjadi sangat menarik terutama bagi yang menulis. Bukan rahasia lagi bahwa menulis konten blog juga dapat menghasilkan uang, sebabnya mencari uang lewat blog tentu banyak diminati.

Namun ternyata blogging bukan hanya soal monetisasi saja, melainkan banyak aspek yang harus diperhatikan termasuk tampilan blog dan juga konten.

Dengan fokus pada monetisasi saja tanpa memperhatikan kualitas konten juga menjadi problem tersendiri nantinya. Alhasil, blog tidak ramai pengunjung dan menghasilkan uang hanya dalam nominal kecil saja.

Sebabnya, ada beberapa kesalahan blogger pemula yang harus dihindari saat kamu memutuskan untuk terjun ke dunia blogging, terutama dari segi konten. Pada kesempatan ini kami akan mengulas beberapa kesalahan blogger pemula yang wajib dihindari ketika mengulas konten untuk blog. 

Kesalahan Menulis Konten Blog yang Harus Dihindari

  • Cepat Puas

Merasa konten yang ia buat telah baik dan tidak mau memperbaiki diri pada penulisan konten berikutnya. Tentu ini tidak boleh terjadi, seharusnya seiring berjalannya waktu penulisan harus mengalami peningkatan, baik dari segi penggunaan bahasa maupun materi blog yang ia paparkan.

Jangan merasa cepat puas dengan konten yang telah ditulis, usahakan ada perkembangan setiap menulis artikel terbaru. 

  • Tidak Memperhatikan Keakuratan Data

Menjadi ironi ketika menulis hanya berdasarkan naluri bukan berdasarkan data. Sejatinya jika menulis harus berdasarkan data yang akurat.

  • Menulis Apa adanya yang Penting Tayang

Ini juga menjadi kesalahan pemula, tidak peduli dengan isi konten yang ia tulis. Asal ia senang maka akan tayang. Bahkan kontennya pun sesuai dengan aoa yang ia suka bukan berdasarkan menarik atau tidaknya artikel yang ia buat.

  • Tidak Fokus pada Satu Tema

Menulis di blog alangkah lebih baiknya jika fokus pada satu niche. Dengan demikian, blog yang dibangun akan tampak lebih elegan dan juga bisa menjadi rujukan bagi orang lain.

  • Tidak Melakukan Riset Keyword

Ini menjadi kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemula. Tanpa riset keyword terlebih dulu, malah langsung tayangkan artikel. Padahal banyak cara untuk mencari kata kunci yang populer agar artikel banyak peminatnya.

  • SEO Tidak Jadi Perhatian

Search Engine Optimation menjadi penting dalam dunia blogging terutama untuk meningkatkan visibiltas blog. Sebabnya dalam berbagai artikel kita akan menemukan berbagai ulasan tentang pentingnya SEO dalam blogging. 

  • Tidak Menguasai Tema

Tidak menguasai tema yang ia tulis tentu akan menjadi persoalan tersendiri, terutama artikel yang akan dihasilkan tidak memiliki keakuratan data atau tidak diulas secara mendalam. Alhasil, ya artikelnya akan tampak biasa-biasa saja.

  • Penggunaan Kalimat Tidak Tepat

Pengunaan kata masih amburadul, masih banyak typo atau kalimatnya tidak menarik. Sehingga pembaca akan susah memahami artikel yang ditayangkan.

Bahkan terkadang penjelasan yang diuraikan begitu rumit dan bertele-tele. Jika hal tersebut terjadi maka artikel blog menjadi tidak menarik dan menyusahkan pembaca.

  • Malas Editing Secara Mendalam

Biasanya bagi pemula, artikel yang sudah ditulis akan langsung ditayangkan tanpa diedit secara mendalam. Yang penting tayang, soal kesalahan yang ada dalam artikel tidak jadi perhatian. Tentu ini tidak bisa terjadi berlarut-larut, tulisan yang sudah dibuat sejatinya harus diedit dengan baik. Sehingga, para pembaca akan mudah memahami pesan yang disampaikan dalam artikel.

  • Konten Jarang Update,  Begitu Update Langsung Banyak 

Kesalahan yang dilakukan oleh pemula adalah jarang update konten atau bahkan di awal mengelola blog semangatnya menggebu-gebu dalam merilis sebuah konten. Terkadang dalam sehari ada beragam konten yang diupdate tapi dalam kategori gado-gado alias apa saja ide yang muncul akan ditulis. Sehingga, nantinya blog yang dibangun tidak berfokus pada satu tema, melainkan beragam tema.

  • Kurang Memanfaatkan Media Sosial

Keberadaan media sosial menjadi begitu penting. Setelah membuat artikel dan menayangkannya di blog kalian, tentu hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membagikan konten tersebut di sosial media. Bukan hanya untuk membagikan konten, bahkan di media sosial kamu bisa bergabung dengan komunitas blogger agar pengetahuan tentang blog dapat terus dipelajari.

Catatan

Ini harus menjadi perhatian dalam mengulas konten blog. Kesalahan-kesalahan tersebut tentu harus dihindari agar kegiatan blogging menjadi lebih menarik dan juga berarti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *