Ilustrasi: Menulis Bisa Apa Saja, Dimana Saja dan Kapan Saja Foto Pexels.com
Ilustrasi: Menulis Bisa Apa Saja, Dimana Saja dan Kapan Saja Foto Pexels.com

Menulis Bisa Apa Saja, Dimana Saja dan Kapan Saja

Diposting pada

MENULIS BISA APA SAJA DAN DIMANA SAJA-Menulis tentunya bisa dalam bentuk tulisan apa saja, diari, pengalaman, kunjungan wisata, pengalaman di tempat kerja baru, makanan enak, minuman unik, sepeda motor baru, pengalaman mancing di sungai, main sepak bola di tengah hujan, berburu, review film, review buku, puisi, cerpen, pantun, artikel dan banyak jenis lainnya yang tidak mungkin kita sebutkan satu persatu.

Selain itu, media publikasi yang juga cukup banyak, baik itu di buku diari, laman media sosial, website, blog, majalah, koran, media online, jurnal, majalah dinding dan berbagai jenis publikasi lainnya.

Berdasarkan jenis tulisan dan media publikasinya tentu tidak dapat menjadi alasan “jika tidak tahu menulis apa atau akan kita publikasikan di mana”.

Dengan berbagai kemudahan yang ada di zaman ini, tentunya peluang untuk menjadi penulis lumayan besar. Bukanlah sebuah alasan untuk bermalas-malasan untuk menghasilkan karya dalam bentuk tulisan.

MANFAATKAN KECANGGIHAN GADGET DAN MENULIS BISA KAPAN SAJA

Saat ini banyak orang yang memiliki gadget di tangannya, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu gadget. Alat komunikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang bisa  kamu manfaatkan untuk membantumu menulis berbagai artikel.

Sebut saja notepad, yang merupakan aplikasi yang merupakan aplikasi untuk menulis catatan atau tulisan lainnya. Tampilan Notepad sederhana dan mudah kita pahami tentu akan sangat membantu untuk menyimpan, mengedit setiap tulisan yang akan kita tayangkan atau bahkan hanya kita simpan di smartphone..

Kehadiran gadget ini tentu banyak sekali memberikan kemudahan, terutama kita menulis sambil menunggu antrian belanja, saat sedang di halte bus, sambil ngopi, sambil mengisap sebatang rokok, atau saat dalam perjalanan pulang menaiki kendaraan umum.

Kurang apa lagi kelebihan-kelebihan yang dapat kamu manfaatkan untuk melanjutkan hobimu menulis?

Manfaatkan kelebihan-kelebihan ini untuk meningkatkan bakatmu. Bahkan kamu juga dapat memanfaatkannya untuk meraih cuan dari hobimu tersebut. Tak dapat kita pungkiri bahwa saat ini banyak sekali situs dan aplikasi yang siap menampung setiap artikel.

Kita hanya perlu mengecek aplikasi yang menampung artikel melalui Playstore atau mencarinya di mesin pencarian Google untuk setiap website yang mau menampung tulisan yang kamu tulis dan membayar untuk setiap tulisanmu.

Jika kamu mengatakan belum ada inspirasi untuk menulis. Lah sudah kami sebutkan di atas, kamu bisa menulis apa saja yang kamu lihat, kamu dengarkan dan rasakan. So, apa yang membuatmu susah untuk menulis?

 

AGAR TULISANMU BERKEMBANG

Mungkin kamu masih merasa berat untuk menulis yang kamu inginkan karena kamu tidak yakin dengan kualitas tulisanmu. Nah itu cukup mudah. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar tulisanmu menjadi lebih baik.

Banyak membaca

Di sini kami tidak menyebutkan buku atau media tertentu, karena saat ini sumber bacaan sangat mudah kamu dapatkan. Tidak hanya di buku, media sosial atau media mainstream, pustaka digital, blog menjadi media bagi kamu untuk menambah wawasan dan tentunya dapat menumbuh kembangkan minatmu menulis.

Selain itu, membaca juga membantu untuk menambah kosakata. Dengan banyak membaca, maka penguasaan kosakatamu akan bertambah karena kamu  bisa mendapatkan kosakata baru dari membaca artikel orang lain.

Apalagi alasanmu untuk tidak menulis? Masih kurang inspirasi?

Banyak berdiskusi dan berlatih menulis dengan baik

Perbanyak diskusi dengan orang lain agar tulisanmu menjadi lebih baik, jangan sungkan untuk meminta bantuan temanmu untuk membaca artikel yang kamu tulis. Dengan begitu, kamu akan tahu kekuranganmu.

Kemudian,  perbanyak latihan dan seringlah membaca setiap tulisan yang dulu pernah kamu tulis dan bandingkan dengan tulisanmu yang baru. Toh, kamu akan tersenyum sendiri melihat tulisanmu dulu dan sekarang.

Coba kirim artikel ke media-media

Situs-situs yang siap menerima tulisanmu banyak sekali. Coba kirim saja artikel yang kamu tulis ke situs-situs tersebut. Jika tidak tayang, maka coba analisa kekurangan artikelmu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan tahu apa saja kekurangan yang ada pada tulisanmu, sehingga artikel tersebut tidak mendapat respon dari media tertentu.

Selain itu, baca lagi artikel orang lain yang tayang di media tersebut. Bandingkan dengan ide penulisanmu. Dengan membaca karya orang lain, maka kamu akan tahu apa yang membuat artikelmu tidak tayang di media tersebut, bisa jadi ide tulisanmu kurang menarik atau masih banyak kesalahan dalam tulisanmu.

Kesimpulan

Alasan malas menulis sebaiknya kamu pendam jauh-jauh, dengan perkembangan digital saat ini, berbagai inspirasi bisa kamu dapatkan di mana saja dan menulis pun bisa di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja yang punya keinginan.

Coba kembangkan dirimu dari hari ke hari tanpa harus takut salah dan kurang percaya diri terhadap kualitas dari tulisanmu sendiri.  []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *