Ilustrasi untuk artikel 5 Tips Konsisten Blogging, Biar Blog Tidak Sepi Foto Pixabay via Pexels.com
Ilustrasi untuk artikel 5 Tips Konsisten Blogging, Biar Blog Tidak Sepi Foto Pixabay via Pexels.com

Selain Honorarium, Ini Keuntungan saat Tulisan Tayang di Situs Berbayar

Diposting pada

Selain Honorarium, Ini Keuntungan saat Tulisan Tayang di Situs Berbayar– Saat ini mencari uang tambahan dengan menulis berbagai bentuk tulisan tentu bisa saja dilakukan g oleh siapa saja, baik melalui blog atau melalui media lainnya yang membayar setiap tulisan yang tayang. 

Berbagai situs menulis online menerima kiriman tulisan biasanya dalam bentuk cerpen, opini, puisi, dan artikel lainnya. Selengkapnya bisa baca di sini Hobi Nulis, 6 Website Ini Membayar Setiap Artikel yang Tayang

Tentu tidak ada salahnya bagi kamu yang hobi menulis berbagai tulisan untuk mengirimkannya ke situs-situs berbayar yang siap menampung berbagai jenis tulisan.

Selain Honorarium, Ini Keuntungan saat Tulisan Tayang di Situs Berbayar

Menjadi Lebih Terkenal

Kamu akan lebih dikenal oleh orang lain jika artikel yang kamu kirim berhasil ditayangkan. Diakui atau tidak, setidaknya tulisan yang kamu kirim sudah melalui proses editing dari pengelola situs tersebut.

Apalagi situs-situs tersebut memiliki jangkauan pembaca yang lebih luas, jadi peluang mendatangkan pembaca juga lebih besar.

Jika tayang, maka tulisan yang kamu kirimkan memang sudah memenuhi kualifikasi dan sudah layak tayang. Ini merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan jika tulisan tayang di situs berbayar,  selain honorarium.

Mendapat Penghasilan Tambahan

Ini sudah barang tentu kamu dapatkan jika mengirim artikel orisinal karangan sendiri ke situs berbayar. Honorarium yang diberikan juga lumayan besar, bahkan ada situs yang memberikan honorarium hingga ratusan ribu rupiah.

Karena harus bersaing dengan penulis lainnya, tapi cobalah untuk meningkatkan kualitas tulisanmu dan jangan pernah mencoba untuk melakukan copy paste milik orang lain.

Dibayar Untuk Setiap Artikel yang Tayang

Keuntungan mengirimkan tulisan ke situs berbayar salah satunya yaitu, honorarium yang diberikan berdasarkan tulisan yang tayang. Jika ada beberapa tulisan yang tayang, maka menjadi peluang besar untuk mendapatkan honorarium yang tinggi.

Tentu ini lebih instan ketimbang mengelola blog pribadi yang membutuhkan waktu untuk mendapatkan penghasilan.

Dapat Mengasah Kemampuan Diri

Dengan menulis artikel tentu kamu dapat mengasah kemampuanmu sendiri baik kemampuan menulis artikel yang baik, menarik dan sesuai kaidah penulisan.

Kamu juga dituntut untuk berpikir kritis sebelum menerbitkan sebuah tulisan. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum mengirimkan tulisan ke situs-situs berbayar.

Selain itu, kamu juga dapat memperbaiki kualitas tulisanmu setelah membaca kembali tulisanmu yang ditayangkan. Tentu setelah mengalami proses editing dari pengelola situs, maka tulisanmu akan lebih baik.

Sebabnya, kamu dapat  belajar untuk memperbaiki tulisanmu  setelah membaca tulisanmu yang sudah  diedit.

Dapat Berbagi Informasi dengan Orang Lain

Kamu dapat berbagi pengetahuan dan informasi kepada orang lain melalui media tersebut. Jika tayang, tentu secara langsung orang akan membaca karyamu. Dengan begitu, kamu dapat berbagi wawasan dengan orang lain.

Bersaing dengan Penulis Hebat

Artikel yang sudah tayang tentu sudah melalui proses pengecekan dan pengeditan di pihak pengelola. Saat kamu mengirimkan tulisan, maka tulisan tersebut akan diseleksi oleh pengelola bersamaan dengan tulisan yang dikirimkan oleh para penulis lainnya. Jika tulisanmu berhasil tayang, maka sudah dianggap layak.

Keuntungan Lain dari Mengirimkan Tulisan di Situs Berbayar

Tidak Terikat Waktu dan Tempat

Kamu dapat menulis kapan saja sebelum mengirimkan tulisan ke sejumlah situs berbayar. Ini salah satu kelebihan yang mungkin bisa kamu dapatkan dari mengirimkan tulisan di situs berbayar.

Tema Tulisan Bisa Ditentukan Sendiri

Kamu juga dapat menulis berbagai tema tulisan sebelum mengirimkan karyamu ke situs berbayar. Tentukan tema sendiri dan coba kirimkan ke situs yang membayar tulisanmu.

Baca Ini Sebelum Kirim Tulisan ke Situs Berbayar

Namun sebelumnya mengirimkan tulisan ke situs berbayar kamu harus memperhatikan beberapa poin berikut ini.

Pantau dan Baca Aturannya

Hal utama yang harus kalian lakukan adalah memantau media tersebut beserta artikel yang ditayangkan di sana terutama yang berasal dari penulis bebas.

Yang kami maksudkan di sini adalah pantau jenis artikel yang sudah tayang dan baca juga kebijakan yang ditetapkan oleh media tersebut. Biasanya sejumlah media memiliki ciri khas terhadap artikel yang akan tayang di website mereka.

Tulisan Harus Menarik dan Milik Sendiri

Untuk hal yang satu ini wajib dilakukan. Menulis konten original dan unik tentu bukanlah sebuah persoalan. Ini mutlak dilakukan, jangan sampai kalian mengcopy paste artikel milik orang lain untuk kemudian kalian bagikan di media online. Ini merupakan sebuah pelanggaran. Jangan sampai kamu bangga untuk berkarya atas karya orang lain.

Pastikan kamu membuat artikel original dan juga idenya harus unik. Jika ini kamu lakukan, maka peluang artikelmu tayang semakin besar.

Jangan Asal, Data Harus Benar

Tentu menulis artikel original saja belum cukup, yang harus dipeharhatikan adalah kebenaran datanya.
Jika kalian menulis artikel tentang berbagai kondisi sosial misalnya tentu kalian harus menulis berdasarkan fakta dan data. Tulislah berdasarkan kenyataan dan tambahkan data yang akurat.

Sebabnya, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis artikel.

Hindari Typo

Kamu juga harus memperhatikan kaidah penulisan yang benar. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti, perhatikan susunan kalimat, dan tanda baca juga harus benar.

Sebelum Kirim, Edit Dulu

Upayakan sebelum mengirim artikel baca kembali artikel yang akan kamu kirim dan lakukan proses editing dengan cermat. Bila perlu minta rekanmu untuk membaca artikel yang telah kamu susun dan minta saran darinya.

Cantumkan Profil Penulis

Biasanya sejumlah website akan meminta data dari penulis. Data yang dimaksud misalnya nama, nomor rekening, nama pemilik akun rekening, nama media sosial penulis dan lain sebagainya, bahkan hingga foto penulis pun. Ikuti saja jika itu menjadi persyaratan dari mereka.

Kirim dan Tunggu

Proses terakhir setelah kamu yakin semua sudah selesai, maka proses terakhir adalah mengirim artikel ke media yang dimaksud. Setelah terkirim, maka tahap selanjutnya adalah menunggu. Tunggu saja balasan dari media tersebut akankah artikelmu tayang atau tidak. Biasanya sejumlah situs menjelaskan bahwa jika dalam masa tertentu artikel yang dikirimkan penulis tidak tayang, maka penulis bisa mengirimkannya ke media lain.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *