Ilustrasi Cara Login WhatsApp Web Tanpa Pindai QR Code Foto pexels.com/anton
Ilustrasi Cara Login WhatsApp Web Tanpa Pindai QR Code Foto pexels.com/anton

Tips Menghadapi Teman yang Suka Nyampah di Grup WhatsApp

Diposting pada

Tips Menghadapi Teman yang Suka Nyampah di Grup WhatsApp-Dalam grup WhatsApp tentu kamu menemukan anggota grup yang suka mengirimkan berbagai hal yang tidak semestinya.

Bahkan kadang kali aksi tersebut kerap mengganggu anggota grup lainnya karena pesan yang dikirimkan dinilai tidak penting bahkan terkesan mengada-ada.

Biasanya anggota grup seperti ini tidak peduli informasi yang disebarkan kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan atau bahkan hoaks sekalipun. Hal ini tentu memberikan kesan yang sangat buruk bagi anggota grup lainnya.

Selain mengganggu, kerap kali postingan yang bentuknya video, foto atau link membuat memori HP penuh untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebab itu, perlu dilakukan beberapa tindakan agar kejadian seperti ini tidak terulang agar anggota grup lainnya tidak terganggu dengan aksi-aksi tidak bertanggung jawab.

Ada beberapa aksi yang dapat dilakukan agar anggota grup lebih bertanggung jawab dalam menggunakan grup WhatsApp sehingga tidak mengganggu kenyamanan anggota lainnya.

Buat aturan tentang isi konten grup

Admin selaku pengendali grup harus membuat kebijakan tentang isi konten yang dapat dikirim ke grup. Setidaknya dengan begitu para anggota grup akan lebih mengontrol pesan yang mereka kirimkan.

Buat saja sanksi misalnya dikeluarkan dari grup jika kerap membagikan postingan yang tidak pantas. Hal ini agar mereka lebih disiplin dan menjaga sikap dalam berinteraksi di media sosial.

Admin juga dapat menyematkan aturan grup tersebut di deskripsi grup, sehingga para anggota dapat membacanya kapan pun.

Japri anggota yang suka nyampah

Admin grup juga dapat mengirimkan pesan personal alias jaringan pribadi (Japri)  anggota yang sering nyampah alias mengirimkan berbagai konten yang tidak relevan.

Sampaikan dengan bahasa yang baik serta tidak menyakiti. Larang anggota agar tidak mengirimkan berbagai konten atau link video yang tidak relevan dengan grup.

Gunakan fitur hapus pesan oleh admin

Admin grup juga dapat menggunakan fitur hapus pesan untuk semua orang. Fitur ini tentu sangat membantu ketika ada pesan  yang sifatnya tidak relevan, malware bahkan hoaks dikirim ke grup oleh anggota grup.

Dengan adanya fitur ini tentu admin dapat menjaring pesan yang layak atau tidak yang dikirim ke grup oleh anggota grup.

Hanya admin yang dapat mengirimkan pesan

Admin juga dapat menerapkan hanya admin yang dapat mengirimkan pesan dengan cara klik izin grup dan nonaktifkan pada bagian pesan.

Tentu ini dapat menghindari para anggota yang tidak bertanggung jawab mengirimkan pesan spam di grup.

Dengan demikian grup akan lebih damai tanpa pesan yang tidak relevan.

Keluarkan dari Grup

Langkah terakhir jika anggota masih bandel dan tidak mempedulikan kenyamanan anggota grup lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur keluarkan dari grup yang disediakan oleh WA.

 

Tips mengirimkan pesan di grup WhatsApp agar tidak di-kick

Kirim pesan yang relevan

Agar kamu tidak mengganggu anggota lainnya yang ada di grup sebaiknya kirimkan pesan yang relevan dengan grup. Dengan demikian kamu dapat berinteraksi dengan nyaman dengan anggota lainnya.

Sehingga pembahasan di dalam grup akan terarah dan memberikan informasi baru kepada para anggota.

Minta izin  mengirimkan pesan yang tidak relevan

Tentu kadang kala ada anggota yang mengirimkan pesan yang kurang relevan misalnya menanyakan tentang hal-hal urgent  atau bahkan promosi jasa dan bisnis. Tentu dengan meminta izin kepada anggota grup hal ini tidak akan dianggap spam.

Dengan demikian para peserta akan memahami maksudmu dan tentu tidak akan mengganggu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *